7 Jenis Enema Yang Wajib Anda Ketahui

7 Jenis Enema Yang Wajib Anda Ketahui

 

*Disclaimer

Tulisan ini hanya untuk kepentingan belajar mengenal Enema Dan bukan untuk menyarankan berenema selain Enema Kopi

Semoga bermanfaat

SERBA SERBI TENTANG ENEMA

Ada beberapa cara berenema yang bisa digunakan untuk membersihkan kolon dan menjaga kesehatan kolon. Dibawah ini ada beberapa Enema yang biasa dilakukan sendiri dan aman.

Tetapi sebelum melakukan Enema sebaiknya perhatikan beberapa hal penting berikut ini supaya tidak terjadi kekeliruan, hal tersebut antara lain :

– Ingat untuk selalu menggunakan air suling yang bebas klorin dan kehangatan suhu air adalah 37-40 derajat Celsius

– Air yang digunakan adalah satuannya mililiter atau liter.

1. Enema Yoghurt (Acidophilus

Ini adalah Enema yang mudah yang akan memberikan pembersihan kolon dengan lembut dan merawat bakteri yang bermanfaat. Karena saat kultur hidup diarahkan langsung ke kolon, ada banyak kesempatan lebih banyak yang hidup dibandingkan jika diminum.

Yoghurt Enema sangat menolong yang menderita susah buang air besar, saluran pembuangan bengkak , hemoroid/ambeien atau kanker kolon

Enema secara rutin dapat meningkatkan populasi bakteri baik di kolon. Jika kita berenema secara rutin, baik jika berenema dengan yoghurt sesekali.

Takaran Enema Yoghurt

4 sdm probiotic yoghurt atau

4-5 kapsul acidophilus kering (Buka kapsulnya) atau

1 sdt bubuk acidophilus

2 liter air suling hangat

Aduk yoghurt atau kapsul acidophilus ke air. Masukin dan tahan Enema minimal 10menit supaya bakteri baik bisa masuk ke usus

2. Enema Kopi

Mungkin berasa aneh karena memasukkan minuman kopi kita ke kolon, tapi tahukah kalau Enema Kopi terkenal dengan efek detoksifikasi nya?

Palmitat dari kopi ( kahweol dan cafestol) meningkatkan Gluthatione S Transfer, enzim yang berguna untuk peranan penting dalam proses detoksifikasi tubuh.

Kopi yang digunakan dalam Enema Kopi tidak akan masuk ke sistem pencernaan, dan tidak akan mempengaruhi tubuh sebagaimana jika tubuh mengkonsumsi kopi lewat minum.

Ketika kopi dimasukkan lewat dubur, maka saluran portal hepatik akan membawa kafein langsung ke liver.

Kopi mengandung substansi kafein, theobromin dan theofillin yang berfungsi melebarkan saluran darah dan meningkatkan arus empedu untuk menghilangkan racun yang disimpan.

Biasanya, empedu diserap kembali 9-10 kali oleh dinding usus sebelum dibuang ke luar. Dengan berenema kopi biasanya termasuk membersihkan kolon yang juga bisa mengeluarkan racun pada empedu dari tubuh

Enema Kopi adalah Enema yang paling terkenal, karena dipercaya memiliki khasiat khusus terhadap penyembuhan penyakit kanker. Sejak tahun 1940an, Enema Kopi digunakan secara intensif oleh Dr. Max Gerson dalam penyembuhan penderita kanker. Ada penelitian lebih lanjut mengenai hal ini oleh Dr. Nicholas Gonzales

Beberapa artis terkenal tahun 30an seperti Mae West juga menggunakan Enema Kopi untuk menjaga kesehatan dan kemudaan nya.

Sekarang, Enema Kopi menjadi populer bagi siapa yang ingin menjaga kesehatan nya melalui proses detoksifikasi tubuh.

Kopi Organik yang dipanggang secara khusus, memberikan konsentrat kafein dan asam palmitik dibanding kopi biasa.

Takaran Enema Kopi :

3 sdm kopi organik

1 liter air suling

Tambahkan kopi ke air yang sudah mendidih dan masak selama 3 menit lalu kecilkan api biarkan selama 15 menit. Dinginkan campuran hingga hangat nya, cukup, saring dan lakukan Enema. Tahan hingga 12-15 menit dalam posisi tubuh miring ke kanan.

Perhatian dan Pertimbangan

– Untuk memastikan pembersihan yang purna, kita bisa berenema 4-6 jam sesudah nya.

Ini akan semakin banyak membuang empedu ke usus yang mungkin tidak terbawa di Enema yang pertama.

– Kopi yang digunakan dalam Enema langsung ke liver sehingga mempengaruhi juga zat kimia yang ada pada kopi.

– Untuk menghilangkan kandungan racun, gunakan hanya kopi yang tumbuh organik dalam setiap Enema.

– Walaupun kopi yang digunakan dalam Enema tidak diserap tubuh seperti saat kita minum, disarankan untuk tidak berenema pada waktu malam, karena ada beberapa yang bisa terpengaruh efek kafein.

– Siapa saja yang sangat sensitif terhadap kafein sebaiknya tidak melakukan Enema kopi.

Enema Kopi rutin bisa mempengaruhi simpanan mineral ditubuh oleh karena itu diminta untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi secara cukup bagi pelaku Enema

3. Enema Garam Inggris

Garam Epsom hampir tersedia di seluruh toko farmasi dan juga disebut Magnesium Sulfat.

Garam Epsom biasanya digunakan untuk mandi untuk memulihkan sakit otot dan linu tapi sering juga digunakan untuk menyembuhkan konstipasi

Konsentrat tinggi magnesium di garam Epsom membuat rileks pada jaringan halus otot di usus dan membuat isi kolon yang kotor terbuang

Menggunakan garam Epsom di Enema lebih cepat dan aman dibandingkan dengan lewat Mulut.

Garam Epsom akan meningkatkan jumlah volume air di usus karena memasukkan air dari kolon. Hal ini membuat pembersihan lebih lanjut di usus. Enema Garam Epsom benar-benar cara yang efektif untuk digunakan saat konstipasi sudah sangat berat.

Takaran Enema Garam Epsom :

4 sdm Garam Epsom

2 liter air suling hangat

Tambahkan Garam Epsom ke air hangat dan aduk hingga garam larut. Lakukan Enema dan tahan hingga berasa nyaman.

Perhatian dan Pertimbangan:

– Jangan lakukan Enema Garam Epsom jika kita sakit perut, mual atau muntah

– 1 sdm Garam Epsom itu mengandung kira kira 35gram magnesium sulfat. Itu banyak. Magnesium yang diijinkan untuk keperluan harian adalah 300-400mg.

– Penggunaan Magnesium secara berlebihan dapat menyebabkan hipermagnesia, yang bisa menyebabkan kematian. Kasus ini jarang dan bahaya biasanya karena mengkonsumsi lewat mulut Garam Epsom

– Tetap harus diperhatikan resiko keracunan akibat penyerapan magnesium sulfat terjadi saat berada di kolon

4. Enema Jus Lemon

Jus Lemon bagus untuk Enema guna membuat kolon membuang tinja dan membantu level pH di kolon. Pulih dari ketidaknyamanan dan sakit karena kolitis bisa dicapai dengan berenema menggunakan jus lemon sekali seminggu.

Saat berenema mingguan, enema bisa menyembuhkan dari konstipasi kronis. Enema Jus Lemon lebih efektif untuk membersihkan kolon dibandingkan dengan air atau air garam tetapi tidak senyaman itu karena sifat alamiah jus lemon

Takaran Enema Jus Lemon:

2/3 cup Jus Lemon Segar peras (kurang lebih dari 3 lemon)

2 liter air suling hangat

Peras jus lemon, saring dan campur dengan 2 liter air suling hangat. Lakukan Enema dan tahan selama bisa nyaman.

Pertimbangan:

Jus lemon bisa membuat iritasi ringandi saluran usus dan kram dibandingkan enema lain. Jika kita punya catatan sensitif terhadap jus lemon, sebaiknya gunakan jus lemon lebih sedikit pertama kali untuk mengetahui bagaimana reaksi sebelum menggunakan dosis secara penuh.

5.Enema Susu dan Molasse

Enema Susu dan Molasse adalah cara efesien untuk mengatasi masalah mampet karena tinja padat di kolon. Cara penyembuhan ini sudah lama digunakan dalam keperawatan hingga digantikan oleh bahan yang lebih baru

Enema Susu dan Molasse bisa menghasilkan output yang eksplosif tetapi tergantung juga bakteri di kolon tiap orang

Kandungan gula yang tinggi akan membuat bakteri makan dengan cepat. Bakteri di kolon akan menghasilkan gas dari gula susu dan mollase yang dicerna bakteri

Gas ini menolong enema dengan menggerakkan kolon. Juga konsentrat gula yang tinggi sebagai larutan osmosis mengaliri kolon membuat pembersihan lebih maksimal.

Jumlah hasil Enema Susu dan mollase biasanya banyak tetapi tergantung juga pada kolon pelaku

Enema ini sangat efektif karena dimaksudkan untuk merangsang peristalsis. Oleh karena itu bisa membuat kram. Juga susah untuk ditahan lama lama karena gas yang terjadi akibat susu, mollase dan bakteri di usus

Karena ini enema yang cukup kuat liykta tidak butuh banyak takaran nya. Cukup 1dan 2 cup m tapi dalam proporsi yang pasti.

Takaran Enema Susu dan mollase :

1-2 cups Susu Murni

1-2 cups blackstrap molasse

Hangatkan susu di panci hingga menjelang mendidih , jangan terlalu panas karena akan menggumpal.Ambil panci dari kompor dan campur dengan mollase hingga tercampur rata. Dinginkan hingga suhu yang pas lalu gunakan. Tahan selama mungkin bisa ditahan.

Pertimbangan:

Enema ini adalah satu dari Enema yang bikin berantakan output nya. Gunakan plastik disposal atau kantong Enema yang menggunakan saluran terpisah karena memang akan sulit untuk membersihkan kantong Enema setelah nya.

Juga pastikan kita punya handuk tebal untuk nutup kebocoran. Kekentalan enema Susu dan mollase ini lebih dari Enema Air biasa.Untuk itu kantong Enema harus digantung lebih tinggi dari Enema biasa.

Lakukan type Enema ini secepat mungkin. Karena cairan ini bisa membuat kram, juga karena susah menahan lama. Coba angkat kantong cairan sebelum berlari ke toilet untuk pembuangan.

6.Enema Garam dan Baking Soda

Baking soda adalah bahan yang sangat basa, menggunakan nya akan menetralkan asam dan digunakan sebagai enema untuk orang yang berlebihan asamnya.Enema ini dapat mengembalikan keseimbangan asam basa sewaktu sakit.

Enema Garam dan Baking Soda ini berguna untuk orang yang menderita radang usus besar dan bisa mencegah serta mengobati luka di kolon akibat keasaman yang berlebihan.

Takaran Enema Garam dan Baking soda:

2 sdt garam laut murni

1 sdm baking soda

2 liter air suling hangat

Campur rata garam dan Baking soda hingga larut. Lakukan Enema dan tahan hingga 10 menit.

Perhatian:

Gunakan Enema Garam dan Baking Soda dengan wajar. Penggunaan Enema Garam dan Baking Soda bisa menyebabkan kebasaan yang berlebihan

7. Enema Air Garam

Enema Air Garam adalah enema yang paling nyaman yang biasa orang lakukan. Jika kita melakukan Enema Untuk pertama kali , Enema Air Garam adalah pilihan terbaik. Karena air garam mempunyai kandungan netral yang tidak akan mempengaruhi elekrolit tubuh, terjadi pada Enema Air sekalipun dan mengalirkan air ke kolon. Karena garam akan mengurangi jumlah penyerapan air ke aliran darah, hal ini menyebabkan kurangnya untuk buang air kecil selama enema.

Enema Air Garam tidak mempengaruhi air yang masuk dan keluar kolon , sehingga enema ini cukup baik untuk digunakan dalam waktu yang lama sesuai keinginan.

Karena itu Enema ini bisa digunakan dalam menahan waktu yang lama supaya tinja yang padat dan keras menjadi lunak

Takaran Enema Air Garam:

2 sdt Garam Laut murni

2 liter Air Suling hangat

Campur rata hingga garam larut. Lakukan enema dan tahan selama mungkin atau hingga 40 menit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: