Anisakis, sarden berhadiah parasite

Anisakis, sarden berhadiah parasite

Raw fish

Lebih dari 1 milyar orang didunia ini diduga terkontaminasi oleh parasit nematoda (gastrointestinal nematode worm parasite) menurut data WHO tahun 2008. Cacing jenis ini bersumber dari makanan mentah atau makanan yang kurang higienis lainnya yang mengakibatkan berbagai macam keluhan dari yang ringan hingga yang sangat berat. Seperti kasus yang baru saja terjadi yaitu ditariknya 3 produk ikan dalam kemasan karena ditemukan sejenis worm atau cacing berjenis Anisakis Sp yang ternyata masih hidup dalam kaleng yang sudah lama tersimpan.

Kemungkinan besar telur dari cacing ini tersimpan dalam tubuh ikan pada saat proses pengepakan dalam kaleng namun tumbuh dan hidup setelah produk kalengan tersebut tersimpan lama dirak penjualan atau penyimpanan.

Siklus hidup cacing Anisakis Sp

Meskipun dianggap tidak berbahaya namun treatment untuk parasite ini terbilang sulit di deteksi jika keberadannya di dalam usus halus, perlu dilakukan operasi untuk kasus tingkat lanjut atau lebih parah. Kasus ini sering terjadi di negara jepang, sangat umum dimana budaya di jepang adalah memakan daging ikan mentah (Sushi). Keberadaan Anisakis pada sistem pencernaan manusia menyebabkan rasa sakit pada perut, mual, muntah dan beberapa kasus terjadi demam.

Penanganan lewat pola makan dan enema kopi

Anisakiasis atau penyakit yang disebabkan oleh cacing anisakis ini bukanlah menjadi ancaman bagi pelaku hidup sehat yang sering memakan buah dan sayuran segar, dan menghindari makanan kalengan atau makanan yang diawetkan lainnya. Mengkonsumsi rawfood seperti sayur dan buah tidak lantas menjadi rentan terhadap parasit apalagi jika dikombinasikan dengan beberapa elemen yang memiliki efek sebagai anti parasit seperti jahe, bawang putih, cilantro, basil dan cengkeh.
Memenuhi asupan tubuh dengan makanan yang mudah dicerna memberi percepatan pada sistem kekebalan tubuh untuk menahan dan mematikan larva yang terlanjur masuk ke pencernaan. Penanganan pasien secara intensive pun mampu menyembuhkan pasien yang sudah terinfeksi parasit jenis anisakis sp.

Anisakis Sp

Kemungkinan untuk menghilangkan parasit dari usus halus memang sulit dibutuhkan treatment pola makan yang teratur dan spesifik serta mengandung anti parasite, namun bagi parasite yang hidup dibagian usus besar dengan mudah bisa diselesaikan dengan melakukan enema kopi (coffee enema) secara rutin.

Pencegahan

  • Selalu masak dengan benar makanan khususnya ikan laut, larva anakis Sp akan mati dalam temp > 65 derajat Celsius
  • Hindari memakan hidangan ikan mentah seperti sushi dari tempat yang tidak dipercaya atau kurang higienis. Larva Anakis Sp tidak mati oleh cuka atau asam.
  • Dinginkan ikan dibawah suhu -20 derajat celsius selama 7 hari untuk mematikan larva yang terdapat dalam ikan.
  • Rutin mengkonsumsi buah yang cepat dan mudah dicerna, dan menambahkan herbal seperti cengkeh, bawang putih dan lainnya yg memiliki anti parasite dalam menu sehari hari.
  • Lakukan enema kopi secara rutin.

Salam Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: