Bahaya Enema Kopi : 8 Fakta Ini Jadi Jawabanya

Bahaya Enema Kopi : 8 Fakta Ini Jadi Jawabanya

Bagi anda yang baru saja mengenal enema kopi pasti pernah mendengar atau membaca bahaya kopi enema.Tapi kenyataanya yang anda baca itu sama sekali tidak benar.

Sebut saja halaman health.detik yang memuat sebuah artikel dengan judul yang akan membuat orang yang ingin tau lebih dalam tentang kopi enema menjadi merinding. Judul artikel itu adalah ”Enema Kopi, Cara Bersihkan Usus Lewat Anus yang Berbahaya”

Tapi bernarkah enema kopi itu berbahaya?

Seorang praktisi enema kopi yang sudah belasan tahun menjalani dan mendalami metode kopi enema menuliskan sebuah ulasan mendalam tentang bahaya enema kopi.

Beliau adalah Omri Samosir yang oleh komunitas penggiat kopi enema Indonesia dkenal sebagai salah satu tokoh yang kenyang makan asam garam dalam dunia enema kopi.

Tulisan tersebut dipublish dilaman kompasiana dengan judul : ”Enema Kopi Memang Merugikan Kesehatan ??” Dalam halaman tersebut nampak jika artikel diperbaharui pada tanggal 26 Januari 2015.

Dalam ulasanya, Bang Omri – yang oleh National Geographic Indonesia disebut sebagai pakar enema kopi – menegaskan jika terapi kopi enema ini termasuk dalam pengobatan alternatif dengan cara membuang racun yang ada pada darah.

 

Untuk yang belum pernah bergaul dengan terapi enema kopi, cara ini adalah salah satu cara detoxifikasi darah [detox liver] dari racun yang masuk kedalam darah [umumnya dari bahan makanan].

Detoxifikasi liver ini akan membantu penyembuhan orang2 yang menderita darah tinggi, cholesterol, diabetes dan beberapa penyakit menahun lainnya.

Ini jelas termasuk pengobatan alternatif.

Cara ini dipopulerkan oleh Dr.Max Gerson dan merupakan salah satu bahagian terapi dari Gerson Therapy yang juga sering disebut Juice Therapy.

 

Istilah enema sendiri sudah merupakan istilah lama. Sudah dilakukan ribuan tahun lalu dan teknik ini terrekam dengan baik dalam artefak kuno.

Ibu2 dulu [yang sekarang sudah oma oma] selalu menggunakan cara enema dengan air [atau air sabun] untuk menolong anak2 yang mendapat kesulitan untuk BAB atau sembelit.  Dalam konteks ini, enema digunakan sebagai cara pembersihan usus besar atau colon bahagian bawah.

 

Dalam 3 tahun terakhir dengan populernya 2 buah buku mengenai enzyme dari Dr.Hiromi Shiniya, enema kopi mendapat pujian dan rekomendasi yang tinggi dari Dr Hiromi sebagai cara yang paling effektif untuk membersihkan usus.

Jadi cara yang dipopulerkan Dr Gerson untuk detox liver tadi sekarang mendapat tugas baru oleh Dr Hiromi, untuk membersihkan usus.

Pada Gerson Therapy, pembersihan usus tadi dianggap sebagai bonus saja, namun kalau usus menjadi naik pangkat, ya ndak apa2 juga lah.

Mengapa cara ini ternyata tidak sepopuler yang semestinya?

Ini berangkat dari cara enema kopi itu sendiri. Cairan kopi dimasukkan kedalam usus bawah melalui anus, ditahan dalam 12-15 menit disana baru dibuang bersama semua isi usus tadi.

Yang belum pernah melakukannya akan sedikit meringis membaca prosedurnya dan sulit membayangkannya.

Kesannya mungkin sedikit jorok, sedikit ribet, sedikit “gimana gitu..”, dan karena perasaan yang sedikit gelo ditambah sedikit sangsi, ahirnya jadi banyak dan enggan untuk mencoba.

Untuk yang pernah mencoba atau malah yang rutin setiap hari, mereka senyum senyum saja dan ada rasa geli dan dongkol mendengar komentar orang mengenai enema kopi.

Bagi yang menggunakannya sebagai salah satu bahagian dari therapy pengobatan kanker, dimana dia perlu melakukan enema kopi 5 kali sehari selama lebih setahun, maka mereka melakukannya sudah sebagai ritual yang dinikmati dan disukuri.

Nah, untuk para penghujat enema kopi, umumnya datang dari kalangan medis.

Tidak hanya para dokter, masih ada saja kaum awam yang memperolok olok cara enema kopi.

Kalau kaum awam dinegara lain biasanya membuat guyonan seperti ini: Kopi nya pake gula nggak? Perlu cream? Atau coffe late bisa nggak buat enema…. Dan guyonan lain yang paling2 membuat penggunanya ikut ketawa saja…

Untuk para penghujat dari golongan medis, komentarnya lebih terlihat “scientific” dan sudah berupa larangan dan cukup menakutkan.

 

Bahaya Enema Kopi

Bebeberapa komentar atas tulisan tentang bahaya kopi enema yang dimuat dalam health detik, diberikan tanggapan yang cerdas dan lugas oleh Bang Omri.

1.Anda bisa kecanduan.

[kecanduan kopi atau kecanduan atas badan yang lebih sehat…. ?? Kopi tadi praktis tidak diserap oleh usus kedalam badan dalam waktu kurang dari 15 menit. Kecanduan dalam arti addicted yang negatif tidak pernah terjadi]

 

2.Menggunakan cairan yang terlalu panas bisa menyebabkan usus terbakar

[Haiiya……. Makan pisang panas juga mulut bisa terbakar dok…. Prosedur enema kopi yang benar adalah menggunakan cairan kopi yang hangat kuku dengan temperatur sama dengan badan kita. Jangan nakuti aaahh..]

 

3.Penggunaan enema yang berlebihan bisa menyebabkan kematian

[wah… gawat nih gossipnya. Kesimpulannya jangan enema setiap 10 menit sekali… hehehe ..???]

 

4.Jika peralatan tidak steril, bisa infeksi dan menimbulkan kematian

[wah… mati lagi….. Setuju pak, memang logikanya demikian walaupun ini sangat hiperbolik]

 

5.Dapat merugikan orang yang sensitive terhadap caffeine dan juga wanita hamil

[sekali lagi, caffeine tidak diserap kedalam badan. Ini bukan minum kopi Mas….]

 

6.Dapat mengakibatkan dehidrasi

[Ini benar dalam skala yang sangat ringan, karenanya dalam prosedurnya perlu minum juice buah sekaligus melakukan detox lanjutan]

 

7.Enema kopi kadang dapat menimbulkan jantung berdebar debar

[terutama kalau sudah ditakut takutin oleh artikel seperti ini]

 

8.American Cancer Society menuturkan enema kopi yang terus menerus berpotensi melemahkan fungsi usus besar yang memicu terjadinya sembeli dan colitis.

[ Hahaha… Ini baru berita sebab Dr Hiromi justru memerangi soal sembelit dan radang usus besar itu dengan cara enema kopi. Apa yang terjadi adalah bahwa American Cancer Society yang terkenal sarat dengan kolusinya bersama pabrik Farma merasa dirugikan oleh praktek enema kopi terutama dalam terapi melawan kanker]

 

Kesimpulan dari kalangan medis bahwa enema kopi sangat tidak disarankan.

Dan kalau melihat jawaban komentar yang ada didalam kurung [] diatas, sangat terasa bahwa komentar2 tadi sangat terlalu dipaksakan.

Ini hampir sama saja dengan serangan bertubi tubi terhadap Vitamin yang dilakukan oleh Pabrik Farma dalam 10 tahun terakhir ini.

Mereka melakukan kampanye negatif bahwa Vitamin dapat merusak kesehatan manusia, atau paling tidak bahwa bila kebanyakan Vitamin maka akan merusak kesehatan manusia.

Ini sangat absurd dan tidak bertanggung jawab.

Vitamin adalah merupakan substansi yang tidak pernah merusak tubuh, bahkan sebaliknya. Kelebihan Vitamin dibadan tidak akan pernah menumpuk didalam badan dan akan dikeluarkan dari tubuh manusia secara natural.

Pertanyaannya, mengapa serangan dilakukan terhadap Vitamin?

Ini dilakukan karena masyarakat sudah mulai kembali melirik Vitamin sebagai salah satu jawaban pemeliharaan kesehatan dan bukan mengonsumsi obat2 farma.

Mengapa pabrik Farma tidak ikut saja memproduksi Vitamin ini bila permintaannya meningkat?

Jawabannya adalah harga jual Vitamin itu murah, bahkan sangat murah dibandingkan dengan obat2 Farma lainnya.

Sama halnya dengan terapi enema kopi, terapi ini sangat murah, hanya memerlukan kopi seharga kurang dari 3000 rupiah sekali pakai dan peralatan seharga kurang dari 50 ribu yang dapat dipakai berkali kali.

Vitamin telah merongrong keuntungan pabrik Farma dan industri kesehatan secara keseluruhan.

Dalam konteks yang serupa, enema kopi yang murah dan effektif tadi dapat menggantikan berbagai penggunaan obat Farma didalam merawat kesehatan, bahkan dapat melakukan penyembuhan.

Jelas ini telah merongrong pabrik Farma dan industri Kesehatan beserta pelaku pelakunya.

Dunia industri kesehatan perlu lebih arif dalam memberi pandangan yang lebih bertanggung jawab untuk hal2 seperti ini.

Referensi : https://www.kompasiana.com/omri/enema-kopi-memang-merugikan-kesehatan_55011484813311e118fa8068

 

Tips Menghindari Bahaya Enema Kopi

Meski pada kenyataanya terapi enema kopi itu aman dan sangat baik untuk dilakukan, anda masih perlu sebuah panduan yang benar bagaimana cara melakukanya.

Agar anda terhindar dari bahaya enema kopi karena kesalahan prosedural, sebaiknya anda baca dan fahami terlebih dahulu protokol enema kopi yang pernah dimuat pada halaman lain.

Dan saya percaya jika anda butuh lebih banyak informasi.

Dan lebih dari itu anda membutuhkan panduan dari orang-orang yang telah berhasil menjalani terapi kopi enema dalam hidupnya.

Sehingga anda pun bisa hidup jauh lebih sehat, memiliki pola makan yang sehat dan bisa lepas dari ketergantungan pada obat-obatan kima.

Bergabunglah bersama 13.000 orang lainya dalam komunitas Kopi Enema Indonesia untuk menemukan berbagai solusi dan cerita inspiratif dari para praktisi enema kopi.

 

Protokol Enema Kopi : Panduan Tata Cara Melakukan Enema Kopi Yang Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: