Gerson Therapy : Cara Hidup Sehat dan Penyembuhan Penyakit

Gerson Therapy : Cara Hidup Sehat dan Penyembuhan Penyakit

Informasi berikut ini adalah merupakan essensi dari Gerson Therapy [GT]. GT dapat digunakan sebagai panduan untuk hidup sehat, dapat digunakan untuk penyembuhan dari berbagai penyakit termasuk penyakit berat, dan juga digunakan untuk memulihkan kondisi orang yang baru “sembuh” dari penyembuhan penyakit berat.

Pedoman ini mengacu pada Therapy GT yang diterangkan didalam beberapa buku, termasuk buku The Gerson Therapy, karangan Charlotte Gerson, dalam Bahasa Indonesia. Setelah membaca pedoman ini, sangat dianjurkan untuk membaca buku tadi agar mendapatkan pemahaman yang lengkap tentang GT. Sejumlah informasi tambahan juga diberikan berdasarkan informasi diluar GT, namun sangat berguna, sehingga dimasukkan pada pedoman ini, dan juga hal2 penting yang didasarkan pada pengalaman empiris.

Ada 4[empat] prinsip dasar yang perlu diketahui dan dilakukan sebagai berikut:

1. Jangan memasukkan atau mengkonsumsi toksik atau racun kedalam badan kita.

Kita perlu mengetahui setiap bahan2 yang kita masukkan kebadan kita sehari hari dan menghindari bahan yang mengandung Toxin/racun. Sebahagian besar racun yang masuk kedalam tubuh adalah berasal dari makanan. Ini terjadi karena cara budidaya bahan makanan sekarang ini sangat banyak menggunakan pupuk, bahan kimia yang dikemas dalam pestisida maupun obat2an. Untuk seseorang yang sehat, dampak racun tidak langsung terlihat seketika dan mungkin membutuhkan waktu agar racun2 tadi menumpuk dan muncul dalam bentuk penyakit.

Sebaliknya, untuk seseorang yang sedang sakit [oleh berbagai sebab apapun], badan penderita akan sangat sensitive terhadap racun yang masuk kedalam tubuh. Demikian juga juga untuk seseorang yang baru sembuh dari sakit atau berada dalam tahap pemulihannya, maka bisa saja daya tahan tubuh mereka belum terbangun dan pulih 100% dan masih sangat sensitive terhadap toxic atau racun.

Berikut ini ada sejumlah contoh bahan dan bahan makanan yang perlu dihindari:

a. Pestisida . Pestisida secara langsung dapat masuk kedalam tubuh melalui racun serangga (misalnya semprotan nyamuk, herbisida tanaman, dll) atau bahan makanan yang dibudidayakan dengan turut menggunakan bahan pestisida, dimana pestisida akan meninggalkan residu pada bahan makanan dan akhirnya masuk kedalam tubuh kita. Untuk itu usahakan makan bahan yang organic, atau minimal yang berlabel Non-pestisida.

b. Logam berat. Dapat masuk ketubuh kita melalui udara yang mengandung pollutant seperti timah hitam atau mercury. Khusus untuk masyarakat urban atau kota, racun ini didapati pada udara yang terpolusi sisa asap bahan bakar. Mercury juga masuk kedalam tubuh dari bahan penambal gigi (amalgam) dan juga masuk melalui vaccine yang semuanya mengandung logam berat.

c. Chlorine. Bahan ini merupakan racun kedua yang paling berbahaya setelah Sianida dan bahan ini merupakan substansi penghasil cancer. Didapat terbanyak dari air minum yang ber-chlorine (air PDAM perkotaan). Untuk itu usahakan mengkonsumsi air yang tidak berchlorine (pakai air sumur dan tidak ditambah chlorine). Gunakan air hasil dari sumur artesis yang kemudian disaring dengan menggunakan saringan yang baik [misalkan dengan system Reverse Osmosis R.O, maupun yang disuling atau destilled water]. Mesin RO dan Mesin Destilled Water ada dijual. Untuk yang berdiam di Jakarta, tersedia air kemasan dengan merek “AMIDIS”, dan pasti ada merek lain yang tersedia dipasar.

d. Peralatan Dapur yang mengandung racun. Hindarkan memakai plastic, Teflon, almunium, dan tembaga. Biasanya ini dipakai sebagai panci, penggorengan, rice cooker, wadah dan alat makan. Gunakan saja stainless steel, kaca, keramik atau besi. Juga jangan pernah menggunakan Microwave oven karena radiasinya berbahaya.

e. Protein hewani. Secara umum, protein hewani akan meningkatkan keasaman badan dan tidak baik untuk kesehatan terutama bila jumlahnya berlebihan. Dari segi protein, daging merupakan produk yang mengandung kadar protein yang paling tinggi dalam satuan berat dibandingkan dengan tanaman. Masalah lain yang terdapat pada daging, adalah dimana daging hewan mengandung sejumlah substansi yang sangat toxic seperti hormon dan antibiotic, mengandung lemak jenuh didalam darah dan sejumlah substansi yang tidak gampang dicerna oleh lambung. Sistem peternakan hewan pada jaman ini telah menggunakan antibiotik, hormon dan bahan kimia dalam jumlah besar, yang mencemarkan kualitas produk hewani.

Dengan alasan ini sangat perlu menghindari protein hewani terutama dalam jumlah besar dan rutin. Perlu juga diketahui bahwa struktur organ manusia tidak dirancang untuk menjadi carnivore (pemakan dagaing). Manusia merupakan herbivore (pemakan tumbuhan), jadi sebenarnya secara alamiah manusia tidak memerlukan daging dialam diet nya. Anggapan bahwa manusia sangat membutuhkan protein hewani dalam konsep makanan “sehat” adalah salah. Daging dapat dikonsumsi, namun tidak berarti kita harus mengkonsumsinya. Termasuk didalam klassifikasi protein hewani ini juga adalah Telur dan Susu beserta sebahagian olahannya.

Berapakah perbandingan jumlah yang baik untuk konsumsi makanan hewani dan tumbuhan2an? Sebaiknya untuk orang sehat, perbandingan tumbuh2an-protein hewani adalah 75:25. Untuk yang sedang dalam masa pengobatan atau yang sedang melakukan therapy, penderita diharuskan untuk menjadi vegetarian untuk sementara. Untuk pasien yang baru sembuh dari penyakit berat seperti cancer, jantung atau penyakit lainya, rasio ini perlu diusahakan antara keduanya, misalkan 85:15 atau 90:10.

f. Makanan Olahan (processed food) termasuk makanan yang diawetkan, asinan, makanan kaleng, minuman botol. Kotak, dll. Pengawet, pemanis buatan dan pewarna merupakan zat yang sangat berbahaya bagi tubuh. Ada sebahagian kecil makanan olahan tradisionil yang tidak menggunakan bahan tambahan sama sekali dan ini dapat dikonsumsi. Namun secara keseluruhan makanan olahan yang tersedia di pasar sekarang sudah menggunakan ratusan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

g. MSG (monosodium glutamate) atau bahan penyedap makanan. Bahan ini tidak memiliki nutrisi apa2 dan meracuni otak [neurotoxic]. Secara khusus MSG dicantumkan secara terpisah sebab substansi ini sangat luas penggunaannya pada industry makanan. MSG juga sudah banyak dicampurkan kedalam susu Formula Bayi.

h. Aspartame, yang sering disebut sebagai pemanis buatan, merupakan zat kimia yang sebenarnya adalah pestisida. Aspartame banyak digunakan pada minuman soda, dan minuman olahan lainnya, termasuk minuman dengan label “Diet”. Di Indonesia terkenal dengan produk seperti Tropicana Slim, Equal [tablet pemanis untuk diabetes], Diet Coke, dll.

i. GMO (genetically modified Organism), yaitu bahan pangan yang secara genetic telah dimodifikasi. Paling banyak terdapat pada kacang kedele dan jagung. Bahan makanan ini mengandung sel2 yang bermutasi yang berbahaya bagi tubuh. GMO atau sering disebut Transgenik, masih kurang mendapat perhatian masyarakat awam dan juga pemerintah, namun penelitian2 kesehatan terbaru menunjukkan bahwa GMO telah menimbulkan sejumlah masalah serius pada kesehatan. Karena itu perlu dihindari.

j. Bahan bahan yang masuk melalui kulit, berupa bahan kimia beracun yang ada didalam bahan pembersih, kosmetik atau obat. [bisa lihat web site berikut ini untuk memeriksa apakah kosmetik anda berisi zat2 toxic berbahaya, Perempuan, Hati-hati dengan Kosmetik Anda ]

k. Hindari paparan gelombang elektromagnetis yang kuat. Contoh ekstrim dari adanya gelombang ini adalah lokasi2 dibawah Jaringan Listrik Tegangan Tinggi. Karena itu jangan pernah bertempat tinggal dibawah jalur Tegangan Tinggi.
Untuk gelombang yang lebih rendah, masalah Telfon Sellular perlu mendapat perhatian serius. Penggunaan Telfon Sellular dan juga Computer pada saat ini sudah sangat tinggi dan ternyat telah menimbulkan masalah kesehatan akibat adanya gelombang elektromagnetik yang mengganggu kesehatan.. Jangan memakai telfon Cellular terlalu banyak. Telfon cellular sebaiknya digunakan dengan cara hands-free dan jangan pernah menaruh telfon ini diruangan pada saat anda tidur karena akan mengganggu kualitas tidur anda.

Daftar diatas merupakan daftar utama dan masih banyak bahan2 makanan, peralatan dan kondisi2 yang dapat menjadi racun pada badan anda dan pada satu saat akan muncul sebagai penyakit. Kita perlu mengenali bahan2 ini, terutama pada bahan atau asupan yang rutin di konsumsi dan digunakan.

 

2 Memasukkan atau memakan makanan yang memiliki nilai nutrisi tinggi dan dapat membantu pertumbuhan sel baru (cell regeneration).

Pertanyaannya adalah: Apakah makanan yang baik untuk dimakan?

Kita membutuhkan makanan yang dapat membentuk sifat Alkaline didalam badan, sebagai kebalikan dari kondisi Asam. Bila badan asam, maka berbagai masalah kesehatan dapat timbul termasuk penyakit2 berat seperti kanker. Keasaman badan dapat dilihat dari pH [tingkat keasaman] badan. Alkaline itu berarti pH nya 7.5-8, sedangkan badan yang asam memiliki pH antara 3-6.5. pH badan 7 berarti netral.

Keasaman badan isa dicek dengan kertas Litmus [contoh Gunakan Universal Indicator Paper pH 1-11, keluaran Johnson test paper] yang biasanya dijual di apotik. Semua makanan tadi gunanya adalah agar badan menjadi alkaline, dimana sel cancer tidak dapat hidup dalam badan dengan kondisi alkaline tadi dan sel kanker mati dengan sendirinya. Mengenai ini bisa baca artikel di Apa pengaruh Keasaman tubuh terhadap Kesehatan
Daftarnya bahan makanan yang direkomendasikan ini panjang, namun pada dasarnya adalah yang berikut:

a. Sayur sayuran Organik [Definisi organik disini sangat luas, tetapi pada dasarnya penanamannya tidak menggunakan pestisida, dan tidak menggunakan pupuk kimia maupun sintetik dan ditanam pada lahan yang belum tercemar]. Sayur dan buah2an sebaiknya sebahagian besar dimakan mentah. Sayur dapat juga di juice dan bila dimasak, masaklah dengan cepat, kurang dari 5 menit, agar enzyme dari sayur tidak seluruhnya hilang.

b. Buah buahan Organik. Buah perlu dimakan mentah. Agar dapat dimakan dengan jumlah banyak sebaiknya di juice. Juice perlu dibuat dengan alat yang baik yaitu dengan menggunakan Slow Speed Juicer [di Indonesia ada Huron slow speed juicer di ACE atau ada merek lain Hakasima. Di Singapore ada Champion]. Lihat artikel mengenai ini pada lampiran. Perlu diingatkan bahwa untuk pasien penyakit berat, yang fungsi livernya terganggu, konsumsi juice sebaiknya dibatasi sebanyak 3-4 gelas ukuran 200 cc perhari, bila ia tidak melakukan enema kopi. Bila ia melakukan enema kopi, maka rasio yang baik untuk diikuti adalah 3 gelas juice untuk setiap kali enema kopi. Hal ini dapat diterangkan sebagai berikut: Juice [buah maupun sayur] akan mengakibatkan pembersihan racun2 pada sel tubuh. Racun2 tadi akan masuk kedalam aliran darah dan dalam keadaan normal Liver akan mengeluarkannya dari darah dan dibuang melalui usus besar. Bila liver tidak berfungsi normal, maka racun tadi akan menumpuk pada darah dan menimbulkan sejumlah fenomena seperti pusing, mual dan perasaan yang tidak nyaman. Untuk kondisi seperti itu, maka enema kopi perlu dilakukan agar racun segera dikeluarkan dari aliran darah. Dalam keadaan sehat jumlah juice tidak perlu dibatasi.

c. Karbohidrat. Konsumsi nasi dari beras putih tumbuk, atau beras merah dan beras hitam. Selain itu alternativenya adalah Oat meal, ubi jalar, ubi kayu, keladi, sukun atau kentang [kentang harus organic]

d. Sejumlah biji2an (tidak seluruhnya baik). Oat merupakan salah satu jenis biji2an yang sangat baik untuk dikonsumsi.

e. Daging Organik. Biasa disebut Free Range meat. Contohnya ayam kampung atau kambing kampung. Seperti yang disebutkan dalam Bab sebelumnya, secara umum protein hewani [animal protein] tidak baik dikonsumsi karena akan membuat badan asam. Protein Hewani ini umumnya berupa daging, ikan, telur dan susu. Untuk orang yang sehat, porsi protein hewani maksimum yang direkomendasikan adalah 25%, tumbuh2an 75%. Untuk pasien penyakit berat misalkan kanker, pasien diharuskan untuk menjadi vegetarian untuk sementara waktu selama dalam therapy, dimana perlahan2 porsi protein hewani ini dapat ditambahkan kedalam menu.

f. Ikan (dalam jumlah kecil, untuk pasien penyakit berat tidak direkomendasikan)

g. Telur Organik dan Bukan Ayam Ras [contoh ayam kampung]

h. Kurangi mengonsumsi garam, karena garam akan mengikat air didalam sel tubuh dan menjadikan sel tubuh tidak sehat. Bila makanan sudah terasa garamnya pada lidah, ini berarti garamnya sudah kebanyakan.

i. Kurangi dengan drastis mengonsumsi gula pasir. Hindarkan gula jagung dan semua jenis pemanis. Gula merupakan bahan yang addiksi atau berarti menimbulkan kecanduan dan akan merusak pancreas dan liver anda. Bila ingin sekali sekali meminum teh yang manis, beri saja madu MURNI sesendok teh kecil. Madu murni cukup sehat untuk dikonsumsi. Beli madu pada peternakan madu. Sementara ini Madu yang dijual di toko yang baik hanyalah Manuka Honey dari New Zealand dan selebihnya sudah dicampur dengan gula. Jangan mengonsumsi makanan olahan dan minuman olahan yang manis, karena semuanya menggunakan gula pasir, gula jagung[fructose] bahkan pemanis buatan [aspartame]. Untuk yang menderita penyakit dan dalam masa penyembuhan, stop mengonsumsi gula.

j. Kurangi memakan makanan gorengan [deep fried]. Usahakan lebih banyak yang direbus atau dimasak. Tumis dapat dilakukan dan jangan terlalu lama dimasaknya. Gunakan minyak kelapa untuk tumis dan menggoreng, jangan minyak kelapa sawit, olive, minyak jagung atau sunflower dll. Untuk salad, dressing boleh memakai minyak olive karena sangat sehat dalam keadaan dingin. Olive oil tidak baik untuk menggoreng. Untuk yang menderita penyakit dan dalam masa penyembuhan, stop mengonsumsi makanan yang digoreng.

Sel badan ber-regenerasi setiap saat. Makanan yang sehat dan penuh dengan nutrisi diperlukan untuk merubah DNA sel yang rusak, agar pada saat pergantian sel atau pertumbuhan sel, sel yang rusak ini dapat digantikan dengan sel baru dengan DNA yang baik. Makanan yang terbaik untuk dapat mengganti sel yang rusak adalah sayuran dan buah2 an. Karenanya perlu dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan dalam kualitas yang baik. Bahan makanan lainnya terbukti tidak banyak berpengaruh terhadap penggantian sel yang baik. Khususnya untuk penderita penyakit berat, regenerasi sel sangat diperlukan dan untuk itu pasien dianjurkan oleh GT untuk memakan sayur dan buah saja (vegetarian) untuk masa tertentu guna pengobatan. Secara rinci perlu diterangkan aplikasinya, karena ini merupakan tulang punggung keberhasilan terapi ini.

 

3 Mengeluarkan toksin dari badan kita dengan berbagai cara yang tersedia

Cara yang umum dikenal adalah memakan makanan yang bersifat anti oksidan. Makanan seperti ini banyak didapatkan pada sayur dan buah dan menguatkan apa yang diterangkan pada pilar kedua diatas kedua diatas.
Cara lain adalah menggunakan cara “coffee enema”, yaitu menggunakan cairan kopi yang dimasukkan kedalam usus bahagian bawah dengan maksud untuk membersihkan darah dan lever atau hati. Organ hati merupakan organ terpenting didalam tubuh khusus untuk pembersihan toxic dimana lever akan membersihkan seluruh darah yang mengalir melaluinya. Protokol enema kopi bisa dilihat pada Manual Enema Kopi yang akan diberikan secara terpisah.

Selain membersihkan darah, enema kopi juga bermanfaat untuk kebersihan usus bawah yang secara keseluruhan bermanfaat. Enema kopi dapat dilakukan sekali sehari, atau 3 kali seminggu. Untuk penderita penyakit yang melakukan terapi GT, umumnya enema diperlukan hingga 3 kali sehari, dan untuk pasien kanker bisa sebanyak 5 kali sehari agar toxic dan penyakit didalam tubuh dikeluarkan dari darah atau badan dengan sempurna. Penjelasan mengenai hal ini tersedia pada protocol penyembuhan.

 

4 Mengkonsumsi sejumlah makanan tambahan tertentu yang tidak didapatkan atau dicukupi didalam makanan sehari hari.

Sejumlah bahan makanan supplement dan substansi organik dikenal didalam GT untuk menguatkan organ tubuh kita sebagai contoh:

a. Vitamin C, kegunaannya adalah umum. Kebutuhan masnusia sekarang ini perhari adalah 2000 mg perhari. Dalam jumlah yang besar (megadoze), Vit-C dapat berfungsi sebagai anti-biotic maupun anti-Virus.

b. Vitamin B-3 (Niacin), berguna untuk aliran darah, jantung dan syaraf. Niacin merupakan obat terbaik untuk mengobati Kolesterol dan darah tinggi yang ada di dunia saat ini. Untuk orang2 yang berumur diatas 50 tahun keatas, direkomendasikan mengonsumsi Jumlah 2@ 2 tablet 50 mg, sebagai usaha preventif saja.

c. Vit D, sangat berguna untuk proteksi terhadap Cancer dan penyakit lainnya. Biasakan untuk berjemur di matahari terbuka selama 30 menit sehari. Bila mendung, makan Vit D3 sebanyak 2@ 2 tablet ukuran 400 IU. Kekurangan Vit-D selalu ditemukan terutama pada wanita, yang umumnya takut pada matahari yang merusak kulit mukanya [ini hanya mitos].

d. Thyroid, berguna untuk metabolisme badan, terutama wanita. Perlu di test terlebih dahulu fungsi thyroidnya apakah masih baik atau rendah [hypo]. Bila rendah, thyroid pill perlu diberikan. Pill ini harus dari jenis organic bukan syntethic seperti pill Thyrex yang dijual di apotik. Umumnya 1 dari 3 orang wanita berumur diatas 50 tahun mengalami kekurangan hormon ini. Gunakan hanya yang organic saja, bukan synthetic [thyrex itu synthethic].

e. Pancreatin, menguatkan pancreas. Sangat baik dikonsumsi terutama yang memiliki gejala diabetes. Jumlah normal 2 tablet sehari, tetapi tidak dapat dikonsumsi untuk pasien yang dulunya menderita carcinoma.

f. Liver capsul, 2 capsul perhari. Kegunaannya adalah untuk merawat liver. Dapat dikonsumsi sebagai usaha preventif. Didalam pengobatan kanker, seluruh penderita cancer mengalami kerusakan pada liver dan tergantung dari perawatannya, fungsi liver dapat kembali 100 % setelah dirawat 2 tahun dengan mengonsumsi Liver capsul. Bila fungsi liver sudah baik, capsul ini tidak perlu dimakan.

g. Beberapa supplement lain yang dapat dikonsumsi untuk perawatan adalah Flax Seed Oil dalam capsul, Asidoll 2 capsul perhari untuk merawat pencernaan dan CoQ10 [coenzyme untuk perawatan jantung]. Seluruh supplement ini harus dari jenis organic.

h. Ada satu resep sayur yang sangat baik untuk menyembuhkan pasien untuk penyakit berat. Namanya adalah Hippocrates Soup [Hippo Soup]. Hippo soup dapat dikonsumsi 1-2 kali sehari sebagai makanan selingan diantara makanan berat. Resepnya ada pada Manual yang dapat diberikan secara terpisah.

Supplement ini praktis tidak dibutuhkan bila kualitas makanan yang dikonsumsi sehari hari cukup baik, namun untuk penderita penyakit berat terutama kanker, penambahan beberapa supplement ini diangap sangat membantu proses penyembuhan. Supplement yang dipakai pada GT hampir seluruhnya hanya berupa vitamin dan bahan organic dan bukan obat kimia maupun sintetik.

Informasi diatas merupakan informasi umum. Seperti dikatakan sebelumnya, dalam melakukan therapy GT, tentunya ada rincian yang perlu diikuti yang nantinya akan dikemas didalam sebuah protocol atau jadwal harian terapi GT, tergantung dari kondisi penderita.

 

Informasi Tambahan:

Informasi ini merupakan tambahan yang penting dan perlu diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari, juga didalam penyembuhan penderita penyakit:

1. Therapy penyembuhan penyakit, terutama penyakit berat, biasanya dapat dikombinasikan dengan Therapy lainnya dan pada kenyataannya dapat mempercepat penyembuhan. Dilain pihak kombinasi seperti ini perlu dilakukan dengan hati2, jangan sampai metoda yang dilakukan ternyata bertentangan dan merugikan pasien. Jadi perlu kehati hatian didalam menambahkan atau mengombinasikan metode2 ini. Khususnya untuk GT, kombinasi yang dapat dilakukan adalah dengan therapy natural lainnya, misalkan Budwig Protocol, ozon therapy, Vit-C IV Therapy, Mistle toe Therapy, dll.

2. Tambalan Gigi. Bila ternyata anda menggunakan tambalan gigi amalgam [silver filling], maka segera diganti dengan yang non-amalgam [porselin atau bahan lain]. Jangan mengganti lebih dari satu tambalan pada satu hari. Ganti satu persatu, karena pada waktu tambalan dibongkar mercury kemungkinan terganggu dan luruh, sehingga perlu dibatasi.

3. Gunakan Odol gigi yang tidak mengandung Fluoride. Di Indonesia dua merek yang tidak mengandung fluoride, yaitu DAUN SIRIH, buatan Mustika Ratu dan ENZYME. Ada beberapa merek import dipasaran namun juga tidak selalu ada.

4. Gunakan H2O2 atau Peroksida kadar 3% untuk membersihkan sayuran dan buah2an dari kotoran, bakteri dan pestisida yang mungkin ada. Fungsi Peroksida ini BUKAN menggantikan produk organic, namun membantu produk umum agar lebih bersih. Dapat dibeli di apotik atau took kimia. Toko Kimia lebih murah. Peroksida memiliki banyak kegunaan, termasuk untuk obat kumur dan ozon therapy.

5. Hindarkan mengonsumsi obat buatan Farmasi, kecuali Vitamin dan Supplement organic. Khusus untuk obat2an jangka panjang untuk penyakit menahun, diabetes, cholesterol, darah tinggi, jantung, rheumatik, arthritis dan semacamnya, jangan menggunakan obat farmasi. Penderita ini hanya perlu merubah pola hidup dan pola makannya saja. Dampak sampingan dari obat2 ini lebih buruk daripada penyakit itu sendiri.

6. Biasakanlah untuk bertanggung jawab penuh atas kesehatan diri anda sendiri, bukan menyerahkannya kepada tenaga medis.

 

Beberapa catatan:

• Usahakan untuk membaca buku The Gerson Therapy, karangan Charlottes Gerson, bhs Indonesia. Tersedia di Gramedia. Bila tidak ada, bisa dibeli di took Nature Glory. Buku lain yang perlu dibaca adalah The Miracle of Enzyme dan Mujizat Mikroba, karangan Hiromi Shinya, Gramedia, bhs Indonesia.

• Informasi ini ditulis oleh Omri Samosir. Alamat email saya omri@cbn.net.id
Untuk membaca sejumlah artikel kesehatan seperti efek chemo, vaksinasi, pengobatan alternatif, dll, dapat lihat blog saya di www.kompasiana.com/omri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: