Kenapa Setelah Enema Kopi Jadi Sendawa, Kentut dan Gelembung Busa? Apa ini normal?

Kenapa Setelah Enema Kopi Jadi Sendawa, Kentut dan Gelembung Busa? Apa ini normal?

 

Coffe Talk kali ini akan membahas topik yang bagi sebagian orang  nggak lumrah dan sedikit jorok, yaitu keluarnya sendawa, kentut dan gelembung busa setelah Enema Kopi.

Eits… tapi tunggu dulu. Ini bahasan seru dan ilmiah. Meskipun saat membicarakannya, akan segera terbayang aroma tak sedap yang dikeluarkan oleh 3 fenomena pengeluaran gas pasca enema kopi tersebut.

Tapi demi ilmu pengetahuan dan keseheatanmu, buang-buang jauh pikiran jorok itu, lalu kita lihat ini sebagai bahasan yang ilmiah.

Setuju??

Jadi sekali lagi saya ulang pertanyaanya, apakah bersendawa, kentut brat bret brot dan pengeluaran output berbusa busa setelah enema kopi itu normal?

Jawabnya ya dan tidak

Disebut normal jika frekuensinya tidak berlebihan dan tidak berkepanjangan.

Sendawa, kentut dan output berbusa busa adalah mekanisme tubuh setelah enema, untuk mengeluarkan gas yang banyak terjebak dalam tubuh kita. Jika gas tersebut tidak dikeluarkan, maka tubuh akan terasa begah dan tidak nyaman.

Dalam jumlah yang tidak berlebihan, pembentukan gas itu bisa terbentuk dari proses menelan makanan yang terburu buru, proses peningkatan asam lambung akibat terlambat makan atau keluhan maag, asam lambung atau GERD, maupun gas yang terbentuk saat pemecahan kimiawi pencernaan di lambung serta proses fermentasi pembentukan feses dan penyerapan akhir yang terjadi di dalam kolon.

Beberapa kondisi berikut ini berpotensi melipatgandakan pembentukan gas di dalam tubuh :

  1. Melewatkan jam makan atau makan tidak teratur.
  2. Tidur malam yang minim , kurang dari 7 jam.
  3. Makanan dan minuman pembentuk gas seperti makanan dan minuman prosesan produksi pabrik , gula pasir, terigu, nangka, durian, campedak , cabai ataupun makanan basi.
  4. Kondisi dalam perjalanan dengan kendaraan.
  5. Kondisi sakit maag, asam lambung, GERD dan sembelit.
  6. Kondisi stress, cemas, khawatir, takut atau lelah berlebihan akan meningkatkan hormon cortisol dan membuat tubuh mengeluarkan sinyal untuk mempertahankan diri.

Jadiiiii…..
Seperti yang pernah saya ungkapkan, sendawa ataupun kentut setelah enema adalah sesuatu yang patut kita syukuri.

Tapi, jika jumlah dan frekuensinya sudah berlebihan, gunakan momen ini untuk menganalisis tubuh kita sendiri. Berdialoglah dengan tubuh kita. Ingatlah momen kemarin kemarin adakah sesuatu yang salah dalam cara kita memperlakukan tubuh kita?

Jika ya, perbaiki segera.

Di atas segalanya, syukurilah kenyamanan yang ditimbulkan setelah kita melakukan enema disertai sendawa, kentut ataupun mengeluarkan out put yang berbusa busa.

Sedikit catatan :
Pengeluaran output enema yang terburu buru dan tidak tuntas serta menyisakan sejumlah air kopi di dalam kolon, juga bisa membentuk gas baru di dalam tubuh kita dan membuat tubuh terasa kembung, penuh dan begah. Baca : Tata Cara Enema Yang Benar

So…. keep on doing coffee enema , Bro and Sist……. if you have any question, just throw it to the biggest Enema Kopi Forum, We’ll be glad to hear from you!

Have a great weekend enema !

Did you?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: