Kopi Enema : Awas Jangan Salah Beli, Bahaya!

Kopi Enema : Awas Jangan Salah Beli, Bahaya!

Coffe talk kali ini tidak terlalu rumit bahasannya cuma sekedar mau cerita bahwa tahun 2016 lalu ada satu akun yang dalam seminggu semua teman di KEI di tambahkan pertemanan, ngga ada curiga ya di approve aja..
kemudian terus satu per satu teman di tambahkannya.

Mulai curiga.. ada apa sebenarnya?

Sejak dimulainya group KEI makin banyak member yang bisa membuat sendiri kopi enema nya, itu pertanda bagus, kriteria yang ditentukan adalah yang sesuai dengan preferensi dari Gerson therapy yaitu organik dan bebas kimia tambahan.

Light roasted coffee lebih di utamakan, bukan kopi minum biasa, meskipun jika mau jenis yang medium roast bisa dan cukup enak buat diminum dan tidak ada masalah kecuali masalah umum peminum kopi yaitu jantung berdebar serta dehidrasi jika terlalu banyak mengkonsumsinya.

Ditengah maraknya sosialisasi enema ternyata orang yang tadi saya ceritakan diawal ternyata punya rencana sendiri untuk membuat mass production kopi enema dan mengambil secara diam2 pelanggan dari KEI dengan harga yang lebih rendah tentunya.

Ini hal yang wajar, namun ada beberapa masalah yang kemudian muncul adalah makin banyak keluhan yang masuk ke inbox admin atau fans page terkait penggunaan kopi yang di proses oleh orang tersebut.

Saya coba teliti dimana salahnya?

Didalam biji kopi terdapat ribuan proses kimia yang terjadi saat melakukan roasting, temperatur dan timer saja tidak cukup untuk memastikan kandungan apa saja yang tinggal dan yang hilang dari biji kopi atau berubah struktur kimianya.

Paling aman adalah proses roasting Dark roast dimana substance yang merugikan bagi sudah hilang namun kandungan palmitic acid jauh berkurang,

Medium roasted masih banyak mengandung palmitic acid tapi jika roast development tidak tepat maka substance merugikan yang malah dominan dalam kandungan kopi.

Light Roast paling tinggi kandungan palmitic acid hanya saja untuk mendapatkan nilai palmitic acid yang maksimal dan mengurangi kandungan yang merugikan, apa saja kandungan yang menguntungkan untuk berenema? kandungan antioksidan, selenium, cafeic, ferulic dan chlorogenic acid yang patut dipertahankan selama proses roasting.

Kandungan ini mulai menghilang 60% pada medium roast dan 100% hilang pada Dark roast.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa orang cenderung membuat Light Roast untuk dijual karena akan sangat menguntungkan dari kandungan yang tersisa setelah proses roasting, sayangnya ada beberapa point yang tidak pernah diperhatikan adalah :

1. Bahwa dengan temperature rendah kemungkinan adanya mold (jamur) yang belum mati karena jika temperatur pada saat meroasting kopi tidak diperhatikan dan tidak terukur dengan spesifik justru malah kerugian yang akan didapat.

2. Kadar air yang tidak seimbang, ada ukuran kadar air dari biji kopi mentah yang standar namun para petani tidak memahami hal ini, dan jika roaster atau pengolah kopi tidak mengantisipasi hal ini maka hasil roasting yang hanya menggunakan panduan durasi atau lamanya masa menyangrai tidak akan pernah mendapatkan hasil yang sama, akibatnya pengguna kopi jenis ini akan mengalami sebah, kembung, mual serta pusing.

3. Density atau kepadatan biji kopi, ini menjadi masalah karena tidak semua mesin mampu melakukan pemecahan biji kopi yang Light Roast dengan alat biasa dan halus, serta putaran mesin yang rendah. Karena jika putaran tinggi akan menghasilkan abrasi pada alat dan mengkontaminasi biji dengan kandungan ferrit atau besi (bisa dilihat dengan perubahan warna kopi menjadi kehijauan saat direbus. KEI menggunakan alat khusus yang mampu menjaga kandungan yang menguntungkan tetap tidak hilang namun proses penghancuran kopi sangat halus.

Keterbatasan pengetahuan tentang hal ini lah yang menyebabkan banyaknya keluhan seputar penggunaan kopi untuk enema yang dibuat oleh orang yang belum paham mengenai seluk beluk coffee roasting dan enema kopi.

Kopi enema terbaik
Kopi Enema Yang Diproduksi Secara Khusus Dengan Penuh Perhitungan

KEI selalu menjaga produksi kopi khusus enema dengan ketelitian dan akurasi yang baik, system panggang/sangrai yang sudah dilengkapi komputer serta mesin grinder kapasitas besar dengan kekuatan yang cukup untuk memastikan ekstraksi palmitic acid pada saat direbus menjadi maksimal dan membantu proses detoksifiksi lebih baik lagi.

Berhentillah membandingkan harga kopi enama, karena jika sudah masuk kerumah sakit maka prinsip ekonomi sudah tidak berlaku lagi, selalu jaga kesehatan dengan pola makan yang baik, istirahat yang cukup dan konsumsi sayur dan buah organik.

Jika tidak mampu melakukan enema jangan lantas cari yang murah dan menuai penyakit tambahan.

Cukup pastikan asupan nutrisi yang baik, enema bukan sesuatu yang addictive, kapan pun bisa berhenti jika sudah merasa lebih baik.

Jangan menjadi ketergantungan bahwa seumur hidup mesti berenema, tapi pahami konsep merawat dan mengobati, dalam proses penyembuhan tentunya tidak ada kata “cheating aja dulu yang penting nanti bisa enema”, dan melakukan perawatan tanpa penyakit berat tidak perlu panik sampai beli kopi sachetan asal bisa enema.

Bagi member KEI yang merasa punya kopi organik silahkan sangrai sendiri, jangan takut untuk mencoba dengan panduan diatas. Dari pada beli tapi ngga tau sumbernya, lebih aman bikin sendiri apalagi jika punya kebun yang benar terawat tanpa kimia sintetis disekitarnya.

Semoga coffee talk ini sedikit memberi gambaran bahwa hidup sehat itu mudah, jika kita tau dan mengenal tubuh kita sendiri.

Salam hangat

Cc: Omri Samosir, Sanny Andari, Siska TeChika, Kendracapa Ar Rasheed Hardhithio

Mods : Yanti Minan, Gessy Any Very, Neng Yima, Nur Lestari Atun, Amelia Siska Devino, Linda Ojshop, Herda Palmarinda, Lula Caddi, Herlina Mutmainah, Henny Fitriani, C Candra R Goenawan, Didi Maryadi, Arsianti Tabrin Putri, Een Eriana dan semua pengurus wilayah

SUMBER :
http://www.scanews.coffee/2014/07/11/coffee-roasting-chemistry-chlorogenic-acids/
https://kopienemaindonesia.org/blog/
https://suzycohen.com/articles/coffee-enema-benefits-for-you/
https://gerson.org/gerpress/faqs-detox/
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMH0032784/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: