Manfaat Cuka Apel Untuk Meredakan Sakit / Keluhan Pada Tubuh

Manfaat Cuka Apel Untuk Meredakan Sakit / Keluhan Pada Tubuh

 

Sesungguhnya Cuka Apel tidak mengandung Nutrisi sebanyak yang di beritakan. Tidak banyak mengandung Vitamin A, C dan mineral. 

Lalu mengapa banyak sekali manfaat Cuka Apel untuk kesehatan dan pereda sakit/keluhan pada tubuh kita ?

Jawabannya adalah ada pada Kandungan penting dari Cuka Apel yaitu ACETIC ACID.

Ya. Asam acetic nya itu.

Lho bagaimana Asam bisa meringankan keluhan pada tubuh ? Bukankah katanya kalau tubuh kita terlalu asam maka penyakit akan bermunculan ? bagaimana kalau ditambah dengan asam ? bukannya jadi tambah asam ?

Jadi begini, kadar PH (asam/bass) darah kita normalnya itu berada di range 7,35-7,45. Sedikit saja dibawah atau diatas itu akan memicu penyakit yang sangat serius. Misalnya PH tubuh 6 saja itu sudah terlalu asam dapat menyebabkan koma, diabetic koma.

Mengetes kadar PH tubuh yang betulpun harus melalui darah. Dan hasilnya tidak akan benar2 akurat, karena begitu Darah keluar dari tubuh kita dan teroksidasi maka kadar PH nya pun akan berubah.

Jadi bagaimana cara kita mengetahui kalau darah kita terlalu asam atau basa ?

Dengan melihat gejala/keluhan penyakit pada tubuh kita.

Gejala tubuh Terlalu Acid/asam –>acidosis

– Batuk2 – Batuk kering

– Coma – diabetic coma

– Detak jantung ngga teratur –

– Detak jantung cepat

– Lemah otot

– Mual

– Ngantuk tapi ngga bisa tidur

– Sering menghela nafas khususnya malam hari

– Gugup

– Ngga bisa tahan nafas

Gejala tubuh Terlalu alkaline/basa ->alkalosis

– defisiensi Potassium (di bagian bawah lihat ada akibat defisiensi potassium)

– defisiensi Kalsium: katarak/arthritis/bursitis/Kedutan di mata

– Nafas terburu2

– Allergies – krn sistem kekebalan tubuh distimulasi oleh acid

– Bone spurs

– Low Thyroid

Yang menyebabkan beberapa bagian tubuh menjadi acidosis/asam:

– Terlalu banyak konsumsi protein hewan

– Hypoglicemia,

– Kondisi Diabetes

– Junk Foods

– Gula

– Kurang Sayur – mengandung vitamin mineral untuk mengontrol PH.

Yang menyebabkan beberapa bagian tubuh menjadi alkalosis:

– Stress, memicu kelenjar adrenal mengeluarkan hormon kortisol pada saat yang sama asam sehat keluar lewat urine. Stress mengeluarkan acid baik dari dr tubuh.

– Muntah kehilangan banyak asam ketika muntah

– Diarrhea memgeluarkan banyak acid.

– Proses menua menyebabkan Lambung kekurangan asam lambung

– sering pipis membuang acid melalui urine

– Anti-acid-penggunaan berlebihan

Ok kadar PH dalam darah harus berada di level PH normal seperti diatas.

Tapi, kadar PH dalam organ itu berbeda-beda loch.

Contoh, Lambung harus sangat asam karena asam lambung itu berfungsi untuk mencerna protein. Lalu kadar PH dalam kelenjar adrenal/kelenjar stress harus acid. Lalu Liver dan kantung empedu harus sedikit Alkaline. Kemudian ada lagi Pankreas juga sedikit alkaline. Cairan empedu dan cairan dari pankreas harus sedikit Alkaline untuk menetralisir makanan yang sudah bercampur dengan zat asam lambung yang baru turun dari lambung menuju usus halus.. Lalu Colon harus dalam PH acid/asam. Urine harus acid. Keringat harus sedikit asam.

Cairan diluar dan sekeliling sel harus sedikit alkaline, contoh air mata harus sedikit alkaline. Cairan sekitar otak harus sedikit lebih alkaline.

Sedikit saja bergeser dari angka normal masing2 PH dalam organ/tubuh maka akan mengganggu fungsi organ.

Contohnya, kalau makanan yang dibawa ke dalam usus halus masih juga asam, maka akan mengakibatkan Ulcer/sariawan usus (membakar usus).

Salah satu manfaat asam dari Cuka apel adalah sangat membantu meng-asamkan kondisi lambung dan beberapa keluhan pada tubuh. Tahukah kadar PH dari cuka apel ? 2,5. Sama, beda tipislah dengan kadar PH dalam Lambung. Maka cuka apel sangat baik untuk Lambung, untuk hearburnt.

BTW acid reflux, heartburn and indigestion itu adalah kondisi dimana kondisi Lambung adalah diatas PH asam normalnya Lambung alias menjadi lebih basa/alkaline. Kalau terlalu alkaline katup ke esophagus akan terbuka terus menyebabkan asam lambung dan gas naik. Seperti anjuran Bang Omri Samosir untuk mengkonsumsi 1sdm cuka apel dengan air segelas ketika sakit lambung kumat ya betul adanya.

Dan, seiring bertambahnya umur, asam lambung akan berkurang sehingga kondisi PH lambung menjadi makin Alkaline. Maka dari itu, semakin berumur kadar asam dalam lambung harus dijaga keasamannya agar dapat mencerna Protein hewan. Dan seiring bertambahnya umur tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi protein hewanlah.

Kondisi tubuh terlalu Alkaline alias Alkalosis akan menghambat penyerapan protein, penyerapan Kalsium, mineral. Sehingga Kalsium mulai menumpuk dalam lapisan lembut seluruh tubuh. Coba lihat ada beberapa orang yang semakin berumur tubuh semakin seperti kaku badannya, itu adalah akibat dari kalsifikasi. Penumpukkan kalsium mengakibatkan penyakit Arthritis, Bursitis (pembengkakan kantong cairan dalam sendi), nyeri pada sendi yang berpindah2, katarak-ya betul katarak adalah penumpukkan kalsium dalam mata, kedut2 pada mata, dalam syaraf menjadi neuritis, pada ginjal menjadi batu ginjal, pada kantung empedu menjadi batu empedu, pada gigi menjadi tartar. Semua disebabkan problem PH, sistemik Alkalosis. Terlalu Alkaline. – minum cuka apel !

Jangan salah, High cortisol/hormon stress, juga penyebab tubuh Alkalosis, bukan acidosis.

Ketika stress melanda, kelenjar Adrenal akan mengeluarkan hormon kortisol/hormon stress yang akan berpengaruh kepada acid dalam organ ginjal dalam tubuh sehingga harus dikeluarkan melalui urine, lalu organ2 tertentu menjadi Alkaline.

Stress pun dapat mengakibatkan tubuh kita kehilangan Potassium.

Minum Cuka Apel ? Yes.

Tapi bukan untuk menambah Potassium melainkan menyeimbangkan keberadaan Potassium dalam tubuh kita. Lihat saja ini efek dari kekurangan Potassium karena tubuh terlalu Alkaline.

1. Tekanan darah tinggi

2. Konstipasi

3. Lemah/weakness

4. Fatigue/lelah

5. Detak jantung ngga beraturan

Masalahnya sekarang ini banyak sekali orang yang salah kaprah dengan terburu-buru mengkonsumsi segala macam minuman yang dikatakan akan membuat tubuh menjadi Alkaline. Tidak apa2 mengkonsumsi minuman Alkaline asalkan pada Ph normal untuk darah kita. Jangan coba-coba mengkonsumsi minuman berkadar Alkaline 8,5 atau 9 secara sembarangan. Mengurangi gejala sih iya, tapi sebaiknya jangan hanya menutupi atau mengurangi gejala.

Tetap POLA MAKAN HARUS DIRUBAH. Ulangi : Rubah Pola Makan.

Yes, Pola makan sehat yang ketika masuk tubuh akan menyeimbangkan PH tubuh.

Cuka Apel sangat membantu untuk memperbaiki banyak keluhan pada tubuh, Cuka Apel membantu beberapa bagian tubuh berada dalam level PH yang seharusnya. Lihat gejala tubuh terlalu Alkaline, remedy nya ya dengan Cuka Apel.

Orang yang banyak minum minuman berprotein untuk diet, atau melakukan pola makan Atkins dengan mengkonsumsi jumlah protein yang sangat banyak, akan menghasilkan sampah metabolisme yang disebut Guanadine, itu terlalu Alkaline.

Balik lagi, keadaan itu akan menyebabkan, kedutan pada mata, gangguan sendi, dan Arthritis lagi…

Hati2 dengan Pola makan dengan asupan Protein hewan yang terlalu banyak lalu badan terlalu kaku dan sakit sendi, minumlah Cuka Apel. Yes

Karena Cuka apel sebagi antidot residue dari pengolahan Protein hewani yang terlalu banyak pada Liver. Anggap saja sebagai Cleanser.

Jadi untuk keluhan tubuh terlalu alkaline, atau sekedar perawatan kesehatan, Cuka apel akan membantu menyerap mineral, mentransport kalsium, membantu mencerna protein tanpa terlalu banyak beban sampah buangannya (bukan berarti lalu kita bisa makan protein hewan banyak2 ye). Cuka apel juga membantu sistem kekebalan tubuh. Pilek, batuk, sangat disarankan untuk mengkonsumsi cuka apel.

Demikian, open discussion kita hari ini semoga menjadi diskusi yang bermanfaat untuk kita semua.

Dipersilahkan bagi bapak/ibu/kakak/adik/tante/om member apabila ingin menambahkan/mengurangi atau sekedar basa basi cantik, mari kita diskusi.

Ohya, informasi saya petik dari beberapa sumber yang sudah saya kumpulkan lama sekali dan membutuhkan waktu untuk mencocokkan informasi, menggabungkannya dan menyajikannya.

Salam sehat, salam enema

Siska WP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: